5 Inspirasi Ide Kamar Tidur (Guna Menyiasati Ruang Sempit)

Kamar tidur merupakan salah satu bagian pokok dari sebuah rumah. Anda menghabiskan waktu istirahat di area ini. Oleh karena itu, tatanan dari kamar tidur Anda harus dipertimbangkan dengan masak. Anda dapat mengambil beberapa ide kamar tidur dari berbagai sumber untuk diaplikasikan ke desain Anda.

Mencari inspirasi dari desain kamar yang telah ada tentunya dapat menjadi tantangan tersendiri, apalagi untuk kamar yang kecil. Akan tetapi, desain kamar yang indah dan fungsional sangatlah penting. Kenyamanan juga menjadi faktor yang harus diperhitungkan. Mari simak beberapa ide desain berikut ini.

Membuat Kamar Tidur Terlihat Cerah

Ide desain pertama yang patut Anda ikuti adalah membuat kamar tidur Anda terlihat cerah. Ruangan yang cerah akan membuatnya terlihat lebih luas dan tidak pengap. Ikutilah beberapa tips di bawah ini untuk membuat ruangan Anda terlihat lebih cerah.

  • Memilih warna dinding yang cerah dan netral, seperti putih atau krem.
  • Menempatkan jendela di area yang banyak mendapatkan cahaya alami dan membukanya saat siang hari.
  • Memasang lampu di tempat-tempat yang strategis agar semua area menerima cahaya dengan baik.

Memasang Wallpaper Mencolok pada Dinding Kamar

Menghias kamar merupakan salah satu tantangan berat karena terlalu banyak ornamen di sekeliling kamar dapat membuat ruangan menjadi terlalu ramai. Desain rumah minimalis dapat dicapai dengan memasang wallpaper pada salah satu dinding kamar. Dinding itu akan menjadi titik fokus kamar Anda.

Anda membutuhkan titik fokus dalam kamar karena hal ini akan mengalihkan perhatian orang dari sempitnya ruangan. Selain itu, titik fokus dapat menjadi petunjuk mengenai tatanan ruangan secara keseluruhan. Memasang furnitur yang kontras dengan wallpaper adalah cara yang patut dilakukan.

Menghindari Furnitur yang Besar

Ide kamar tidur yang berikutnya adalah menghindari pemasangan furnitur besar di dalam ruangan. Furnitur besar mengambil banyak tempat di dalam ruangan. Selain itu furnitur yang besar cenderung berat dan membuat Anda kesulitan memindahkannya ketika melakukan dekorasi ulang kamar.

Apabila kamar diperuntukkan untuk dua orang, Anda tidak perlu memasang tempat tidur yang berukuran sangat besar. Tempat tidur berukuran dobel cukup untuk menampung dua orang dengan ukuran tubuh rata-rata. Anda juga disarankan untuk memilih bahan furnitur yang ringan untuk memudahkan dekorasi.

Mendesain Tempat Penyimpanan Barang dengan Kreatif

Tempat penyimpanan konvensional seperti lemari akan memakan tempat, terutama di ruang yang tidak terlalu luas. Anda sebaiknya mulai berpikir kreatif ketika merencanakan tempat untuk menyimpan barang Anda. Gunakanlah beberapa area yang jarang difungsikan untuk menyimpan berbagai barang Anda.

Anda dapat membuat tempat penyimpanan di bawah tempat tidur. Untuk menghindari kacaunya ruang kamar, Anda dapat meletakkan kotak untuk menyimpan barang atau mendesain supaya kasur dapat diangkat dengan mudah. Membuat rongga di dinding untuk tempat penyimpanan juga dapat dilakukan.

Memperluas Ruang Vertikal di Kamar Tidur

Beberapa desain rumah mengorbankan luas kamar tidur untuk membuat ruangan lain lebih lega. Apabila Anda memiliki kamar yang tidak luas, meninggikan atap kamar merupakan salah satu cara untuk menanggulangi hal tersebut. Ruang vertikal yang luas membuat kamar Anda terlihat lebih besar.

Ide kamar tidur dengan atap ruangan yang tinggi juga memperlancar sirkulasi udara dan membuat kamar kecil Anda tidak pengap. Anda dapat membuat tempat tidur dengan desain loteng apabila tinggi ruang cukup. Bagian bawah tempat tidur dapat dijadikan tempat untuk melakukan beragam aktivitas.

Sumber: Hustopia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *