6 Bentuk Ide Perpustakaan (yang Mempercantik Ruangan Baca Ini)

Tidak ada salahnya menambahkan sebuah ruangan jika Anda masih memiliki area kosong di dalam rumah. Apabila Anda suka membaca, perpustakaan mungkin merupakan tambahan yang tepat bagi rumah Anda. Banyak ide perpustakaan yang bisa Anda comot dari berbagai tempat.

Selain sebagai sumber hiburan, perpustakaan juga meningkatkan nilai rumah apabila dirancang dengan tepat. Anda juga dapat menjadikan ruangan ini sebagai area yang multifungsi. Lihatlah tips-tips ini untuk memperoleh ide rancangan ruang baca.

Memanfaatkan Cahaya Alami dengan Maksimal

Pencahayaan merupakan salah satu faktor terpenting dalam desain perpustakaan. Tentunya pemilik rumah tidak akan merasa nyaman jika harus membaca dalam keadaan gelap. Hal ini juga dapat berefek negatif terhadap kesehatan optik pembaca.

Anda disarankan untuk memanfaatkan cahaya alami di siang hari semaksimal mungkin. Caranya adalah memasang jendela-jendela besar pada ruang perpustakaan. Selain membuat ruangan terlihat lebih natural dan cerah, hal ini juga menghemat pengeluaran listrik Anda secara signifikan.

Memilih Lampu yang Tepat

Tentunya pencahayaan alami hanya dapat berlangsung selama hari masih terang. Ketika malam tiba dan Anda ingin membaca di ruangan ini, tentunya pencahayaan yang cukup dari lampu sangat krusial. Perhatikan beberapa jenis lampu berikut.

  • Lampu ambien yang menyinari seluruh bagian ruangan dengan rata, dapat digantung maupun menempel pada tembok.
  • Lampu tugas yang digunakan untuk menyinari suatu aktivitas tertentu.
  • Lampu aksen yang menyinari bagian utama dari ruangan.

Desain Rak yang Tinggi untuk Ruang Sempit

Terkadang Anda tidak memiliki ruangan yang luas untuk area membaca. Hal ini tidak serta-merta harus menghentikan niat Anda membangun perpustakaan. Ide perpustakaan yang dapat menyiasatinya adalah membangun rak yang memanjang ke atas dan bukannya melebar.

Rak yang tinggi ramping tidak akan memakan tempat dan dapat diletakkan di sudut-sudut ruangan dengan mudah. Untuk mempermudah Anda dalam menjangkau buku-buku di rak atas, tangga panjat dapat dibangun dan diletakkan di depan rak.

Menempatkan Tempat Duduk yang Nyaman dalam Ruangan
Perpustakaan seharusnya menjadi tempat Anda bersantai sembari melakukan kegiatan favorit Anda, yaitu membaca buku. Kenyamanan ketika menggunakan ruangan ini merupakan hal yang penting. Anda harus memilih tempat duduk yang nyaman untuk digunakan dalam ruangan.

Anda dapat memilih sofa empuk dengan beberapa bantal berbahan lembut di atasnya. Pilihlah materi furnitur yang ringan sehingga mudah dipindahkan. Anda juga dapat memasang karpet empuk di lantai dengan bantal-bantal jika tidak ingin menggunakan sofa.

Menggabungkan Perpustakaan dengan Kantor

Ruangan membaca biasanya merupakan ruangan paling tenang di dalam rumah. Selain itu, pencahayaannya juga cenderung baik. Anda dapat menggabungkan fungsi perpustakaan dengan ruang kerja personal karena kesamaan karakteristik tipikal kedua ruangan tersebut.

Penggabungan ini jelas meningkatkan kegunaan dari ruangan tersebut. Hal ini menjadi jawaban bagi pemilik rumah berukuran sedang yang menginginkan kedua fungsi itu. Selain itu, meja kerja Anda dapat sekaligus digunakan sebagai meja membaca.

Mendesain Rak Buku Sebagai Ajang Pameran

Ruang untuk membaca yang tidak dihias tentunya terlihat membosankan bagi pemilik rumah. Tentunya Anda dapat menambahkan hiasan berupa lukisan maupun vas bunga di atas meja. Meskipun begitu, Anda juga dapat memanfaatkan rak buku sebagai tempat hiasan.

Rak buku terbuka merupakan ide perpustakaan yang paling umum. Selain memamerkan koleksi buku Anda yang beragam, rak tersebut bisa juga menjadi tempat meletakkan hiasan ruangan. Anda dapat meletakkan vas bunga kecil maupun patung di dalam rak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *