3 Kuliner di Jogja yang Paling Enak dan Lezat

Kuliner di Jogja – Anda sedang mencari makanan khas Jogja yang nikmat serta murah? Berikut ini beberapa area kuliner enak dan ramah di kantong di Jogja, pastinya mantap bikin ketagihan.

Kota Yogyakarta sudah populer sebagai bagian surganya kuliner yang nikmat serta terjangkau. Hampir di setiap kawasan kota Jogja banyak ditemui beraneka ragam jajanan enak, mulai makanan asli Jogja bahkan makanan ala Western pun tersedia.

Oleh karena itu, untuk Anda sedang berhasrat menjelajahi aneka kuliner Jogja yang dikenal lezat dan murah, penulis sudah menyiapkan beberapa rekomendasi aneka kuliner mantap di Jogja yang terjangkau, ramah di kantong deh pastinya. Cocok untuk mahasiswa bangetlah. Mau tahu? Yuk, baca 2 tempat makan enak dan terjangkau di Jogja berikut.

List Resto Enak Dan Murah di Jogja, Recommended.

1. Angkringan Jogja

travelingyuk.com

Ngebahas resto nikmat dan terjangkau di Jogja pasti tidak mungkin dapat jauh dari angkringan Jogja. Emang ada yang tidak kenal tempat makan murah di Jogja yang satu ini? Hampir setiap orang yang pernah tinggal di Jogja mesti paham dengan angkringan Jogja. Terlebih mahasiswa, sudah akrab banget deh kalau bahas angkringan.

Angkringan yaitu gerobak biasa dengan atap terpal plastik yang menyediakan nasi kucing, sate telur puyuh, sate usus, gorengan, serta wedangan. Nasi kucing adalah sajian yang sering dijumpai di angkringan, segenggam nasi disertai sekelumit oseng tempe atau teri yang diselimuti daun pisang dan kertas. Dinamakan nasi kucing sebab ukurannya benar-benar kecil.

Selain tempat yang santai untuk berdiskusi dengan teman sampai tengah malam, angkringan sekaligus juga tempat makan alternatif saat saku tinggal menyisakan uang ribuan.

Tidak heran, meskipun beberapa kafe modern membludak layaknya kulat di musim hujan, angkringan selalu eksis sebagai lapak kuliner di Jogja nikmat dan murah. Makanan khas Jogja terjangkau? Ya angkringan.

Salah satu angkringan Jogja yang paling lezat dan terpopuler adalah angkringan tugu alias angkringan Lik Man. Angkringan Lik Man adalah satu tempat wisata kuliner terpopuler untuk menyusuri Yogyakarta di malam hari.

Hanya merogoh kocek sebesar 10.000 – 15.000 Rupiah saja, Anda sudah boleh mencicipi Kopi Joss serta nasi kucing diiringi dengan lauk pada umumnya yang menggoyang lidah. Alamat: Kawasan Stasiun Tugu, Yogyakarta. Jam buka: 18:00 – tutup.

2. Serba-serbi Gudeg Jogja

wikipedia.com

Ini dia kuliner khas Jogja yang patut Anda cobain, yaitu gudeg. Olahan mantap berbahan baku nangka muda ini berubah menjadi makanan afdhol untuk siapa pun yang lagi berkunjung ke Jogja.

Gori (nangka muda) dan getah yang dibersihkan sebagaimana mestinya lantas dimasak dalam kuah santan dibarengi bumbu serta rempah-rempah hingga ratusan menit.

Jika matang, gori menjadi lunak serta cukup manis. Gudeg umumnya disajikan dengan sambal goreng krecek pedas, telur pindang, tahu dan tempe bacem, serta ayam opor atau ayam bacem. Sebagai pelengkap, gudeg disiram areh gurih yang memberikan cita rasa khas yang tak ada saingannya.

Anda tidak akan kesulitan mencari area makan lezat dan ekonomis di Jogja yang menjajakan karena hampir di beberapa titik kota Jogja masih eksis orang yang menjual gudeg. Mulai pagi hari sampai tengah malam, masih saja Anda dapat menikmati makanan khas Jogja tersebut.

Namun daerah Wijilan serta Barek lah yang paling trend menjadi sentra gudeg Jogja paling enak. Wijilan berada tidak jauh dari kompleks Kraton Yogyakarta dan bisa diraih hanya 10 menit berjalan kaki atau dengan naik becak.

Jika Anda tak sengaja sedang berada di wilayah utara Yogyakarta, tidak ada salahnya datang ke Barek. Tiap subuh, penjaja gudeg berjajar di pinggir jalan di sebelah utara zona Kampus UGM.

3. House of Raminten

phinemo.com

Mau menikmati makanan angkringan dan tradisional di lingkungan yang agak modern? Mampir saja ke House of Raminten. House of Raminten merupakan salah satu tempat makan yang menjual masakan tradisional Yogyakarta, seperti tahu bola, wedang sereh, cunduk, brongkos, sate lilit dan nasi kucing.

Arsitektur rumah makan di Yogyakarta yang lezat ditambah tidak menguras kantong tersebut dinilai eksotis. Anda dapat menemukan salah satu kereta kuda sisi luar tempat makan, sedangkan bagian interiornya Anda dapat menikmati bilik berarsitektur Java ditambah wangi dupa khas. Seakan belum komplit, Anda pun akan menyantap makanan didampingi mennggunakan gamelan Jawa yang selalu berkumandang di resto ini.

Tidak hanya arsitektur dan masakannya, pramusaji di resto ini pun memakai pakaian khas yaitu kemben Jawa. Pada bagian meja, ada satu buah kentongan yang diapakai untuk menyapa pramusaji kalau Anda membutuhkan sesuatu. Nuansa yang menyejukkan menjadikan House Of Raminten layak sebagai tempat ngetem harmonis serta enak di Yogyakarta.

Lokasi: Jalan FM Noto 7, Kota Baru, Yogyakarta. Buka 24 jam. Soal harga tentunya ramah di kantong yaitu ekonomis serta cocok sekali untuk tempat nangkring di Yogyakarta.

Daftar paket Catering Jogja juga tidak kalah menarik. Selain murah meriah, harga merakyat dan makanannya super enak loh. Sekian dulu ya. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *